Mengobati dan Mengatasi Maag Tak Kunjung Sembuh


Dok, saya sering sakit maag nih... kalo lagi sakit perut bisa kembung n sedikir membesar. Saat sakit saya biasa minum obat maag yg sering di jual di toko2. Kira2 apa yg harus saya lakukan? ato adakan terapi apa yang bs membantu mengurangi ato bahkan menyebuhkan sakit maag saya? Thanks in advance

Hery, 23 tahun

Jawaban :

Halo Hery,

maag memang lazim disertai dengan kembung karena tingginya asam lambung juga menyebabkan meningkatnya kadar gas asam di dalam lambung, akibatnya perut menjadi kembung. Tindakan minum obat maag jika tepat dosisnya memang sudah benar, namun musti diingat obat maag tidak boleh diminum lebih dari 6 kali dalam sehari. Jadi artinya jika memang sudah minum obat maag tiap 2 atau 3 jam, Anda masih merasa nyeri lambung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin mengganti obat maag dengan obat maag yang sifatnya lebih keras, namun harus diperoleh dengan resep dokter (tidak bisa dibeli sembarangan).

Untuk membantu mengatasi maag, Anda harus berhati-hati dengan makanan/minuman yang bisa meningkatkan kadar asam lambung, dan juga yang menimbulkan gas. Makanan pedas, berminyak dan sayuran pahit bisa meningkatkan produksi asam lambung, oleh karena itu sebaiknya hindari masakan yang pedas, berminyak dan juga sayuran pahit selama Anda masih merasakan nyeri lambung. Daging kambing juga bisa menimbulkan rasa panas di perut sehingga bisa memperparah gejala, karena itu Anda juga musti hindari. Demikian pula makanan yang bersantan. Makanan/minuman yang bisa menimbulkan gas misalnya jenis kubis (kol, bunga kol) dan juga minuman bersoda.

Usahakan pula agar Anda tidak pernah telat makan. Saat maag menyerang biasanya kita agak kurang selera untuk makan dalam jumlah normal, karena itu cobalah untuk membagi porsi makan ke dalam porsi yang lebih kecil, namun sering. Misalnya tiap 2 jam sekali Anda makan seporsi kecil nasi dan lauk pauk, diselang-seling dengan makan buah (yang tidak berasa asam) atau biskuit, agar lambung Anda tetap berisi makanan.

Jika maag yang Anda rasakan sudah sampai menimbulkan gejala seperti rasa panas di ulu hati dan juga nyeri kepala, artinya maag Anda sudah cukup parah. Segera periksakan diri Anda ke dokter sekarang juga karena lebih cepat diobati maka lebih cepat pula Anda bisa kembali tenang beraktivitas.

Demikian jawaban dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Salam dari Mediasehat!

No comments:

Post a Comment